Rabu, 22 Juli 2009

ANTUSIAS!!!


Pernahkah kamu mendengar istilah 'antusias'? Jika dilihat etimologinya, 'antusias' berasal dari kata 'en theos' (kalo salah tolong dikoreksi ya...) dari Bahasa Yunani yang berarti semangat yang menyala-nyala yang asalnya dari Tuhan. Maksudnya, semangat yang ada dalam jiwa seseorang harusnya tidak berdasar keadaan atau permasalahan hidup di sekitarnya, tapi berdasar sumber semangat yang kekal yaitu Tuhan. Misalnya, jangan sampai kita gak semangat melayani karena ngerasa: "Ah, tiap tahun pemuda tetep dikit yang dateng, ngapain gw cape2 melayani di Cibunut? Pindah aja ah...!!!", atau: "Ah males ikutan persek...gak ada yang nemenin. Mending pulang cepet ke rumah." Artinya, semangat kita naik turun berdasar keadaan di sekitar kita atau berdasar suasana hati kita. Padahal kalau kita punya semangat yang asalnya dari Tuhan, gak peduli ada angin ribut kek...ato lagi bokek kek...kalau emang itu yang Tuhan mau untuk kita lakuin, just do it! Kondisi di dalam atau di sekitar kehidupan kita gak bakalan berubah kalo kitanya sendiri gak ngelakuin apa2 selain mengeluh dan mengasihani diri.

Kuncinya gimana biar tetep antusias? Klise sih, tapi udah jaminan mutu karena manjur sepanjang zaman: akrab sama Tuhan! SaTe, Doa, berkomunitas, mau berbagi, dll. Banyak orang-orang luar biasa di dunia ini yang berhasil gara2 resep 'klise' ini. Hasilnya gak instant sih, tapi kalo dilakonin gw yakin semua anak muda bisa LEBIH LUAR BIASA dibandingin sekarang! Kebayang kan kalo sekarang aja kita udah luar biasa, apalagi kalo rohani juga di-upgrade, pasti tambah amazing lagi!

Nah, balik lagi ke perkara antusias, ternyata untuk mempertahankan antusiasme itu sulit buanggettt!!! Jangankan orang tua, orang muda pun seringkali kesulitan untuk tetap antusias saat menghadapi tantangan hidup.Betul gak? Hayooo...ngaku! Hehehe... Padahal kaum muda identik dengan yang namanya semangat, antusiasme, rajin, produktif dan kreatif. Apa jadinya kalo anak muda lemes dan gak ada semangat hidup? Tua sebelum waktunya toh?

Ada ayat Alkitab yang berbunyi demikian:
Amsal 20:29
Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban.
Maksudnya, hal yang menjadi kebanggan buat orang yang BERJIWA MUDA harusnya semangatnya, sedangkan orang yang DEWASA adalah hikmatnya (bijak). Kualitas ini tidak terbatas oleh usia secara jasmani, jadi bukan berarti orang TUA gak boleh semangat dan orang MUDA gak boleh bijak loh! Nah, kualitas anak-anak Tuhan harusnya seperti itu...Ini yang disebut sebagai spirit BAKHUR. Lha...apaan lagi tuh BAKHUR?!? Panjang deh ceritanya, tapi intinya itu adalah istilah dalam bahasa Ibrani mengenai JIWA MUDA yang disebutin di atas. Salah satu aspek dari JIWA MUDA yaitu ANTUSIASME!!! Nah, mari kita hidupi spirit tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan bergereja kita. Jangan sebut diri masih muda deh kalo keseringan patah semangat! Keep your spirit alive! God bless you all!! -Isabella I.A.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar